Implementasi Terapi Bermain Brain Gym Untuk Meningkatkan MemoriJangka Pendek Pada Anak Usia Sekolah di Wilayah RT 007 / RW 07Kelurahan Tebet Barat

Authors

  • Dinda Amelia UNSURYA Author
  • Fitri Anggraeni Author
  • Dwi Ambarwati Author

DOI:

https://doi.org/10.00000/ex5z7153

Keywords:

Short Term Memory, Brain Gym, School Age Children

Abstract

After a child acquires information, he needs planned and consistent stimulation such as brain gym therapy so that he can recall what
he knew before. This short-term memory is usually lost instantly. Short-term memory in children is very poor, especially in education.
This short-term memory is very important for remembering. The purpose of this researcher is to analyze the differences before and
after the implementation of Brain Gym Play Therapy to improve short-term memory in school-age children in RT 007 / RW 07 Tebet
Barat Village. Method This research design and type of quantitative research. The population in this study amounted to 15 children
and the sample in this study amounted to 4 respondents. The measuring instrument used in this study is the Wechsler Intelligience
Scale for Childern-Fourth Edition (WSIC-IV) Observation Sheet which consists of forwad digits and backward digits.The results of
this study increased short-term memory did not experience a significant increase when after the brain gym play therapy was performed.

References

Agustin, & Royke Calvin Langingi, A. (2020). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP DAYA INGAT

ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 UPAI KOTAMOBAGU UTARA KOTA

KOTAMOBAGU (Vol. 8, Issue 4).

Chyquita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar

Siswa Kelas XI IPA dalam Pembelajaran Matematika di SMA XYZ Tangerang Pengaruh Brain

Gym terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI IPA dalam Pembelajaran Matematika di SMA

XYZ Tangerang Tica Chyquitita.

Clara Desty, I., Mariati, U., & Rahmi, L. (2023). The Relationship between Parenting and Stimulation

with The Development of Toddlers Aged 1-3 Years. 13, 123–130.

https://doi.org/10.31983/jkb.v13i2.9413

Dwi Hantoro, W., Thursina Srie, C. S., Dahlan, P., Saraf RSI Jakarta Cempaka Putih, K., Neurologi, D.,

Kedokteran, F., & Gadjah Mada, U. (2019). Reliabilitas dan validitas backward digit span test

dalam screening gangguan atensi anak sekolah dasar Reliability and validity of backward digit

span for elementary school students attention deficit screening. In Berkala Neurosains (Vol. 18,

Issue 2).

Handayani, F., Annisa Maharani, R., Studi Pendidikan Dasar, P., & Negeri Padang, U. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar.

Jannah, N. I. (2016). GAMBARAN TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN

HOSPITALISASI RI RSUD LABUANG BAJI.

Lonto, J. S., Umboh, A., Babakal, A., Studi, P., Keperawatan, I., & Kedokteran, F. (2019). HUBUNGAN

POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU JAJAN ANAK USIA SEKOLAH (9-12 TAHUN)

DI SD GMIM SENDANGAN SONDER (Vol. 7, Issue 1).

Mangi, A. A., & Mallajuan, A. A. (2019). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP MEMORI JANGKA

PENDEK PADA SISWA KELAS III DAN VI DI SD INPRES PAROPO MAKASSAR PENELITIAN

PRE-EXPERIMENTAL.

Nadia, F., Mianna, R., Rahmaniza, R., & Yeni, H. H. (2022). Latihan Brain Gym untuk Peningkatan

Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri 43 Kota Pekanbaru.

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 949–961. https://doi.org/10.30653/002.202274.198

Pitriana, L. (2019). EFEKTIFITAS PEMBERIAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DAN TERAPI BERMAIN

MENGGAMBAR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6

TAHUN) DALAM MENGHADAPI HOSPITALISASI DI RSU DARMAYU PONOROGO.

Pratiwi, S. E., Handoko, W., & Rahmatania, R. (2016). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP

MEMORI JANGKA PENDEK MAHASISWA. JOURNAL VOKASI KESEHATAN, 2.

Purwati, D. (2017). PENGARUH PEMBERIAN TERAPI BERMAIN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP

TINGKAT KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RSUD KOTA

MADIUN.

Ramadhan Mokoginta, R., Mamentu, P., Yahya, I. M., Program Studi, M. S., Program Studi, D. S., &

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, K. (2021). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP

STIMULASI DAYA INGAT ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MADRASAH

IBTIDAIYAH NEGERI 2 MANADO. In Jurnal Kesehatan : Amanah Prodi Ilmu Keperawatan

STIKES Muhammadiyah Manado (Vol. 6, Issue 7).

Risa, Y. (2022). PENERAPAN BRAIN GYM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECERDASAN

EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA JRAGUNG KECAMATAN KARANGAWEN

KABUPATEN DEMAK.

Safa’atin, S., Wijaya, A., Roni, F., Sugiarto, K. B., S1, M., Stikes, K., Ulum Jombang, B., Bahrul, S.,

Jombang, U., & Bahrul, A. (2021). LITERATURE REVIEW: PENGARUH SENAM OTAK

TERHADAP PENINGKATAN MEMORI JANGKA PENDEK SISWA (LITERATURE

REVIEW: THE EFFECT OF BRAIN STORMING ON IMPROVING STUDENT’S SHORT-

TERM MEMORY). In Journal Well Being (Vol. 6, Issue 1). http://journal.stikes-bu.ac.id/

Wulansari, A. P., Saroinsong, H. E., Wulandari, A., Kedokteran, F., Cimahi, U., Faal, B. I., Unjani, K., &

Psikiatri, B. (2018). PENGARUH SENAM OTAK (Brain Gym) TERHADAP MEMORI JANGKA

PENDEK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS

JENDERAL ACHMAD YANI.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Implementasi Terapi Bermain Brain Gym Untuk Meningkatkan MemoriJangka Pendek Pada Anak Usia Sekolah di Wilayah RT 007 / RW 07Kelurahan Tebet Barat. (2024). The Health Researcher’s Journal, 1(02), 32-35. https://doi.org/10.00000/ex5z7153